Nenek Takut Jarum Suntik,Dandim 1426 Takalar Apresiasi Nenek Pemilik umur Hampir ratusan Tahun

by -4 views

TAKALAR,KAWALBERITA.COM,— —- Memasuki percepatan target vaksinasi 100 persen, Kodim 1416/Takalar terus melakukan pelayanan vaksinasi minimal 4 lokasi setiap hari.

Dalam pelaksanaan tentu terdapat beberapa kejadian yang tentunya bisa menarik perhatian semua orang.

Seperti yang terjadi di lokasi vaksin di Kantor Kelurahan Pattene Kec. Polsel, Kamis (01/06/2022)

Salah seorang lansia sewaktu-waktu sebelum melakukan vaksin covid-19 Memperhatikan semua orang yang ada di lokasi vaksin.

Dialah Marwiah warga Campagaya Kel. Pattene, sambil menutup mukanya menggunakan kerudung yang dipakainya, para lansia
mengaku takut dengan jarum suntik.

Namun demi untuk dapat mencegah penularan Covid-19, dia memberanikan diri untuk datang untuk divaksinasi

“Keberanian itu seketika hilang saat melihat jarum suntik. Dengan spontan jantung saya langsung berdebar. Seluruh badan langsung terasa dingin. “Ungkap Marwiah.

Sementara itu, Komandan Kodim 1426/Takalar , Letkol Czi Catur Witanto, SIP, M.Si.,M.Tr (Han) yang ada di lokasi pada saat itu, turut membantu membantu masyarakat tersebut.

Dandim mengaku sempat kaget mendengar teriakan di lokasi vaksin. Namun setelah melihat eksepresi wajah takut jarum suntik yang diperlihat oleh ibu Marwiah
suasana menjadi ramai akibat suara ketawa oleh seluruh orang yang ada di lokasi tersebut.”Ucap Dandim

Sambil tersenyum-senyum, Dandim menjelaskan orang yang takut terhadap jarum suntik yang dikenal dengan istilah trypanophobia. Fobia ini tidak hanya dialami anak-anak tapi juga sebagian orang dewasa.

Trypanophobia merupakan kondisi di mana seseorang mengalami ketakutan yang berlebihan akan tindakan medis yang melibatkan atau tindakan yang berhubungan dengan jarum suntik.

Biasanya, beberapa hari atau jam sebelum dan saat berhadapan dengan jarum suntik, penderita bisa merasakan beberapa fobia jarum suntik, seperti jantung berdebar, tensi naik, tangan gemetar, nafas terengah-engah, keringat dingin, pusing, lemas, gelisah, ada yang pingsan . Terang Dandim

Untuk itu, kata dandim demi membantu mengatasi fobia tersebut, kita harus menyiapkan orang tersebut hingga benar-benar untuk disuntik. Buat dia menjadi senyaman mungkin.

Sesaat setelah dibujuk dan diyakinkan oleh Dandim bersama tim vaksinator dan sanak keluarganya , ibu Marwiah memberanikan dirinya tanpa ada keraguan langsung melakukan vaksinasi.(*)

Penulis Natsir

No More Posts Available.

No more pages to load.