14 Kabupaten Kota di Sulsel Raih Penghargaan KKS Tahun 2021,Termasuk Kabupaten Takalar

by -74 views

MAKASSAR,KAWALBERITA.COM – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengklaim ada 14 Kabupaten/Kota Sehat dan telah dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Kabupaten Kota Sehat (KKS) Pusat 2021.

Sebanyak 32 Kabupaten/Kota se indonesia yang dominasi menerima penghargaan Anugrah Swasti Saba dari Kemendagri RI dan Kemenkes RI melalui program Kabupaten Kota Sehat (KKS) 2021

Penghargaan tersebut sebagai apresiasi kepada Kabupaten/Kota yang berhasil membebaskan sedikitnya 60 persen Desa/Kelurahan dari perilaku buang air besar sembarangan (BABS) atau telah dinyatakan ODF (Open Defecation Free).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Sulsel, Husni Thamrin program KKS bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk masyarakat dengan berbagai program-program kesehatan dan lainnya.

“KKS merupakan apresiasi dari pemerintah pusat.”ungkapnya.

Menurut Husni Penghargaan KKS adalah apresiasi pemerintah pusat pada pemerintah daerah yang sudah menyelenggarakan KKS,hal ini sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan,”kata dia.

Menurutnya, penilaian KKS 2021 semakin ketat dengan persyaratan untuk mengikuti penilaian swasti saba kategori wistara harus 100 % ODF, sedangkan kategori Wiwerda 80 % ODF dan kategori padapa harus 60 % ODF.

“Pemprov Sulsel sendiri diikuti oleh 23 Kab/Kota yang mengusulkan dokumen Penyelenggaraan KKS ke Pusat,”terangnya.

“Setelah tim Pembina Pemprov melakukan verifikasi Dokumen dan Lapangan serta layak untuk di usulkan ke pusat,” katanya.

Khusus di sul-sel ada 14 Kabupaten/Kota yang lolos KKS 2021 diantaranya Kabupaten Pinrang, Kota Parepare, Kabupaten Barru, Kabupaten Luwu, Kota Palopo.

Kabupaten Luwu Timur, Kabupaten Enrekang, Kabupaten Wajo, Kabupaten Soppeng, Kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Sinjai.(*)

Penulis Redaksi

 

No More Posts Available.

No more pages to load.