Tim Tahfiz Qur’an Rutan Bantaeng Ajarkan Tata Cara Sholat Bagi Tahanan Baru

by -8 views

TAKALAR,KAWALBERITA.COM,—-–Rumah Tahanan Negara (RUTAN) Kelas II B Bantaeng Terus memberikan terobosan agar seluruh tahanan dan warga binaan yang terdapat didalamnya dapat menunaikan ibadah dan memiliki pengetahuan ilmu agama saat menjalani masa pidana di dalam Rutan Bantaeng.

Mewujudkan hal tersebut, Staf Pembinaan Kepribadian Rutan Bantaeng, Makmur didampingi Tim Tahfiz Qur’an Rutan Bantaeng memberi ilmu tentang tata cara sholat kepada seluruh tahanan baru yang telah habis menjalani sel mapenaling (masa pengenalan lingkungan) pada hari ini, Rabu 22 September 2021 bertempat di dalam Mesjid At-Taubah Rutan Bantaeng pukul 09:00 WITA.

Sebanyak 10 (sepuluh) orang tahanan baru melakukan gerakan sholat yang dipimpin oleh salah seorang Tim Tahfiz warga binaan berinisial H, dengan panduan dari Makmur dan sisa tim tahfiz lain yang mengambil tempat di samping tahanan baru untuk memperhatikan dan memperbaiki gerakan dan bacaan sholat yang lama.

Selain mengajarkan tata cara sholat, Makmur juga terlebih dahulu mempraktekkan tata cara pengambilan air wudhu yang tepat dan sesuai dengan syariat islam.

“Kami akan usahakan semua warga binaan akan mendapatkan ilmu pembinaan keagamaan yang maksimal saat menjalani masa pidana, dan dapat membawa ilmu tersebut saat sudah bebas dan berbaur dengan masyarakat”.

“Semoga semua saudara kami (muslim) yang menjalani masa hukuman di dalam Rutan Bantaeng bisa mengamalkan kembali apa yang telah kami ajarkan hari ini” Ujar salah seorang Tim Tahfiz yang ikut membantu peragaan gerakan sholat

Hal tersebut juga didasari oleh pesan dari Kepala Rutan Kelas II B Bantaeng, Ince Muh. Rizal kepada seluruh warga binaan agar mengamalkan ilmu tersebut kepada yang lain.

“Apalah artinya ilmu jika tidak diamalkan kepada sesama” Ucap Ince saat ditemui diruangannya.

Ince juga berharap bahwa kedepannya baik pegawai maupun warga binaan Rutan Bantaeng dapat memberi kontribusi yang nyata terhadap perkembangan pembinaan keagamaan di dalam Rutan Bantaeng ini

“Kegiatan ini rutin kami berlakukan kepada seluruh tahanan baru dan warga binaan. mulai dari mengaji, sholat, dan pemberian pembelajaran akidah islam yang diberikan oleh pihak Kemenag Kabupaten Bantaeng”. Terang Ince.

Saat ditanya tentang rentang waktu pembinaan, Ince Menjelaskan tadarrus qur’an bagi seluruh warga binaan dan tahanan baru mulai pukul 07:30 s/d 08:30 WITA kemudian dilanjut dengan pemberian akidah islam oleh tenaga pengajar dari Kemenag Kabupaten Bantaeng hingga pukul 10:00 WITA. lalu pada pukul 15:40 WITA s/d 16:30 diisi dengan pengenalan huruf hijaiyyah untuk memberantas jumlah warga binaan yang Buta Aksara Al-qur’an pada Rutan Kelas II B Bantaeng.

Penulis Kontributor : Humas Rutan Bantaeng

Editorial Redaksi

No More Posts Available.

No more pages to load.