Dukcapil Gelar Uji Coba Proses Layanan Kios Adminduk Secara Daring

by -37 views

TAKALAR,KAWALBERITA.Com,———-Tim Dinas dukcapil Takalar, telah mengunjungi 4 desa di 4 kecamatan untuk uji coba proses layanan di Kios Adminduk daring/secara online.

Kepala Dinas Catatan Sipil Takalar Abdul Wahab mengatakan Kios adminduk daring ini menggunakan link aplikasi kios yg telah di rancang bangun oleh tim IT kami.

“Yang merupakan pengembangan implementasi dari Layanan on line yg telah diatur dgn Permendagri No. 7/2019.”jelasnya.

Lanjut Wahab Selama ini kami telah membuka layanan on line dokumen kependudukan lewat aplikasi What’s Up. Masyarakat  secara perorangan atau individu yang mewakili satu keluarga langsung dapat memohon Dokumen kependudukan ke WA Operator SIAK kecamatan. Lantas di input ke Aplikasi SIAK alamat email dari pemohon.

“Sehingga output dari dokumen yang telah diproses oleh operator dan telah di Tanda tangani secara elektronik akan terkirim ke email pemohon dokumen KK atau akta capill dalam bentuk Pdf, yg kemudian dapat di print sendiri di rumah.”terangnya.

Masalah nya kemudian adalah banyak juga masyarakat yang tdk memilki kemampuan dan aksesibilitas lewat daring atau secara online.

Sementara keadaan pandemi Covid 19 membatasi layanan secara langsung.

“Itulah yang kemudian hadir Layanan Kios Adminduk daring atau secara online di basis desa dan kelurahan yang bertujuan untuk membantu masyarakat  meng akses Layanan Dokumen kependudukan secara online.”jelasnya.

Lebih dikatakan Wahab Masyarakat tinggal datang ke kantor desa membawa berkas persyaratan dokumen kependudukan yang di mohonkan.

“Kemudian selanjutnya Operator Kios Adminduk on-line di desa akan mengirimkan berkas pemohon lewat email desa ke link aplikasi kios dinas dukcapil Takalar.”jelasnya.

Selanjutnya kemudian di proses sampai tanda tangan elektronik.  Outputnya kemudian dikirim oleh Aaplikasi SIAK ONLINE dari Kemendagri ke Alamat email desa.

“Cetakan KK dan Akta Capil bisa di ambil oleh pemohon di kios Adminduk daring di kantor desa,”urainya.

Dengan demikian masyarakat dapat memperoleh Dokumen kependudukan berupa KK atau Akta capil  cukup datang dikantor desa saja, tidak lagi harus jauh jauh ke Kantor dinas Dukcapil Takalar.(*)

Penulis Imam
Editorial Redaksi

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.