Uji Berkala Kendaraan Bermotor Capai 80 Kendaraan Perhari Ini Penjelasan Kadishub Gowa

by -28 views

GOWA,KAWALBERITA.Com,—Kepemimpinan Bupati Gowa.Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo, SH,MH dalam kepemimpinannya periode kedua, terus melakukan berinovasi baik dari segi infrastruktur maupum non infrastruktur .

Wilayah berbatasan Kota Makassar terus berbenah diri untuk melengkapi sarana dan prasarana khususnya pada dinas Perhubungan Kabupaten Gowa yang di pimpin oleh Firdaus, S.Sos.

Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Gowa(Dishub Gowa) terus melakukan uji kendaraan bermotor,secara berkala,pemilik kendaraan harus lebih awal melakukan pendaftaran secara administrasi sesuai dengan loker yang sudah disediakan petugas dishub Gowa.

Pengujian kendaraan tersebut diperkuat dengan Undang-Undang Lalu lintas Angkutan Jalan (UU LLAJ)
No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan PP.40 Tentang Pemeriksaan di jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Kab.Gowa, Firdaus, S.Sos, M Si didampingi Kepala Seksi(Kasi) Pengujian, Darwis, S.Sos mengatakan, Kendaraan Bermotor yang yg akan di Uji Wajib mendaftarkan diri dari persyaratan yg telah di tentukan.dan kabupaten Gowa masuk kategori mememiliki banyak kendaraan Roda dua dan Empat.

“Uji Wajib Kendaraan ini banyak warga sengaja membawa kendaraan untuk dilakukan uji kendaraan,karena membludak kita suruh ngantri supaya pelayanannya bisa cepat.”ujarnya.

Lanjut dikatakan Daeng Ngopa panggilan akrab Firdaus menyebutkan, kendaraan bermotor yang siap mengikuti pengujian mencapai 70 hingga 80 perhari.

“Biaya pengujian kendaraan bermotor berdasarkan Perbup. Kab.Gowa, No.32/2021 tentang retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor masing masing Mobil Truck Rp.85.000, Mobil Pick Up Rp.65.000, Mobil Boks/Tangki/Temp Rp.85.000, Mobil Bus Rp.65.000, Mobil Penumpang Rp.60.000, Roda Tiga Rp.50.000 dan Mobil Dinas Rp.40.000 “ungkapnya.

Sementara dalam penertiban dan pengawasan tetap dilaksanakan di lapangan sesuai UU LLAJ No.22 Thn 2009 dan PP.40 Tentang Pemeriksaan.

“Jadi setiap kendaraan dilakukan pemeriksaan Kendaraan Bermotor apakah kelengkapan dokumen kendaraannya (laik jalan) mengikuti aturan dan ketentuan yang dipersaratkan UU LLAJ, PP Ttg LLAJ dan Perbub”pungkasnya.

Pengawasan dan pemeriksaan di jalanan dilakukan oleh dishub dan petugas lalu lintas polres Gowa,sesuai dengan amanat UU LLAJ.

Penulis Muchtar Naba
Editor Redaksi

 

No More Posts Available.

No more pages to load.