Shalat Idul Fitri Sekjen MUI Bilang Begini,PLT Gubernur Sulsel Bisa Shalat Idul Fitri dilapangan Terbuka

by -13 views

JAKARTA.KAWALBERITA.Com,—
Sekejen MUI Shalat Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan mengatakan, shalat Idul Fitri di saat pandemi Covid-19 sebaiknya dilakukan di rumah bersama keluarga.

Sebab, shalat Idul Fitri akan menimbulkan kerumunan kelompok sehingga rentan terjadi penularan virus corona.

“Shalat Idul Fitri ini berpeluang menimbulkan kerumunan, akan menimbulkan kelompok sisi lain harus kita lebih utamakan keselamatan, supaya tidak menimbulkan penularan klaster baru baru,” kata Amirsyah dalam konferensi pers secara virtual di kanal YouTube BNPB, Jumat (23/4/2021).kemarin.

Amirsyah mengatakan,bentuk silahturahim selama Lebaran bisa dilakukan secara virtual tanpa harus bertemu langsung dengan anggota keluarga.

“Ini akan lebih meningkatkan suasana yang hangat di tengah-tengah keluarga, dan terhindar dari kerumunan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Ramadhan tahun ini harus dijadikan momentum untuk menurunkan penyebaran Covid-19.

“lonjakan kasus Covid-19 di India merupakan pelajaran yang harus diambil hikmahnya oleh Indonesia.”ujarnya.

Lebih jauh dikatakan sementara ini pemerintah harus terus melakukan peningkatan intensitas vaksinasi sehingga cakupan vaksinasi yang 70 persen bisa kita capai .

Sementara Plt Gubernur Sulsel, Andi sudirman sulaiman menyarankan agar umat muslim melaksanakan salat idul fitri 2021 di tempat yang lapang, seperti lapangan terbuka.

“Salat ied fitri memang sunnahnya lebih utama di lapangan, ini juga bagus untuk menerapkan protokoler kesehatan karena lebih terbuka,” kata Andi Sudirman sulaiman dikutip dari laman Pemprov Sulsel, Sabtu (24/4).

Selain itu kata Andi sudirman, pelaksanaan salat Idul Fitri juga harus mempertimbangkan perkembangan persebaran Covid-19 dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat.

Sembari tetap menjaga Protokol Kesehatan, seperti menjaga jarak hingga memakai masker.

“Kami meminta agar ada petugas yang disiapkan dalam penegakan Protokol Kesehatan. Hal ini juga upaya untuk mencegah penyebaran covid-19,” ungkapnya.

Penulis Redaksi
Editorial MD Rimakka

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.