DPD BAIN HAM RI Kab.Takalar minta Tanggung Jawab PT. PLN (Persero) Terhadap Kerugian Konsumen Akibat Pemadaman Aliran Listrik

by -120 views

TAKALAR,KAWALBERITA,COM,—Pelaku Usaha dalam hal ini penyedia layanan umum “Public Service” tentu menjangkau pelayanan umum yang luas. PT. PLN juga tentu termasuk penyedia layanan umum yakni satu-satunya Penyedia Layanan Kelistrikan bagi Masyarakat Umm di Indonesia,

Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan, PT. PLN wajib menyediakan Tenaga Listrik secara terus menerus bagi pelanggannya yakni Konsumen Listrik.

“Pemadaman Listrik yang terjadi saat ini hanya karena persoalan nunggaknya Pembayaran dari Pemda ke PT.PLN itu tidak boleh terjadi karena kenapa Masyarakat umum sangat dirugikan bukan Pemdanya.”ujar Irwan Rachman.

Lebih jauh dikatakan Irwan yang akrab dipanggilnya Bang DJ, akibat dari Pemadaman Aliran Listrik ini telah menimbulkan Kerugian bagi Konsumen.

“Selaku Pelaku Usaha, PT. PLN Kab.Takalar mempunyai kewajiban untuk Bertanggung Jawab terhadap kerugian yang terjadi di masyarakat umum yaitu Konsumen Listrik,”tuturnya.

Bang DJ mengatakan bahwa kita harus menghormati aturan masing- masing yang sudah ada yakni yang Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen memuat Aturan-aturan tentang konsumen dalam menuntut Haknya.

“Perlindungan konsumen di PT. PLN dalam Undang-Undang Ketenagalistrikan, Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1989 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Tenaga Listrik, serta terdapat pula dalam Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL)”jelasnya.

Lanjut irwan, mengharap Wakil Rakyat di DPRD untuk memberikan warning kepada pihak PT. PLN agar sesegera mungkin punya tanggungjawab terhadap penerangan lampu jalan diaktifkan kembali.

“Kita juga sama-sama tahu bahwa dalam hal kerugian konsumen yang disebabkan Pemadaman Aliran Listrik ini di PT. PLN tidak mengenal adanya ganti kerugian Uang,”pungkasnya.

Ditegaskan PT. PLN mempunyai tanggung jawab yang dinamakan Public Responsibility Operation-PRO berupa upaya-upaya yang dilakukan PT. PLN kepada konsumen agar tidak terjadi lagi hal-hal yang dapat merugikan Masyarakat umum , pungkasnya.(*)

Penulis Redaksi
Editorial MD

No More Posts Available.

No more pages to load.