Rapat Dengar Pendapat, Komisi 3 DPRD Takalar,” Ini Sampaikan Korda BPNT Zainuddin

by -16 views

KAWAL BERITA.COMTAKALAR,-—–Komisi Tiga (3) Dewan Perwakioan Rakyat Daerah (DPRD Kabupaten Takalar Panggil Korda Kabupaten Takalar Zainuddin dan sejumlah agen, Suplayer  dan pengecer BNPT terhadap masyarakat Penerima manfaat.

Selain Korda Takalar Zainuddin ,nampak juga hadir PLT Kadis Sosial dan pemberdayaan Masyarakat Desa H Faisal Sahing Pertemuan tersebut berlangsung di ruang komisi 3 DPRD Takalar,Selasa,(19/1/21).

Personil Komisi 3 DPRD Takalar berjumlah delapan orang yang sempat hadir dalam Rapat Dengar pendapat yakni H Ahmad Sija,Ir Husniah Rachman,dan Bakhtiar Syam.yang lainnya tidak hadir dengan alasan yang berbeda.

PLT Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Faisal Sahingga mengatakan bahwa Pendistribusian BNPT Selama ini berlangsung sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak kementerian sosial.

“Mekanisme dalam penyaluran BNPT didalamnya ada transaksi atau jual beli sebab bantuan ini disalurkan dengan non tunai.”ujarnya.

Kata Faisal Sahing bahwa sisitem penyalurannya atau pendistribusian kepada masyarakat,ada agen, suplayer sebagai wadah bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya sebagai KPM (Kelompok Penerima Masyarakat)

Sementara Korda BPNT Takalar Zainuddin mengatakan KPM (Kelompok Penerima Manfaat) di Takalar bentuk penyalurannya dilakukan setiap bulan,langsung di transfer ke rekening masyarakat penerima manfaat dari kementerian Sosial.

“Dana non tunai atau elektronik langsung masuk ke rekening masyarakat,untuk melakukan transaksi masyarakat diarahkan ke E-warung untuk melakukan transaksi untuk mengambil paket senilai 200 ribu.”Ujarnya.

Lanjut dikatakan,jadi penentuan tempat atau agen  penyaluran BPNT itu langsung dari pihak perbankan yakni Bank Mandiri,namun pihak korda  melakukan  survei berdasarkan atau  sesuai dengan juknis penggunaan BPNT(Bantuan Pangan Non Tunai.)

Zainuddin merinci jumalh e- Warung tersebar di kabupaten Takalar pertanggal 13 Desember 2020 sebanyak 135 orang s mesin EDC 128, jumlah penerima PKM 31,321 orang,Namun yang sudah membelanjakan sekitar 29.122 KK

Sementara Anggota komisi 3 DPRD Takalar  Husniah Rahman   kedepan penyaluran kepada KPM harus ada nilai tambah yakni memberikan pemahaman tentang jenis sembako yang diterima sehingga dia tahu manfaatnya

“Harus ada nilai tambah pengetahuan kepada KPM bahwa yang dimaksud nutrisi bergizi itu ada kandungan karbohidrat protein vitanmin dan mineral,  sehingga masyarakat bukan hanya dapat bantuan, tapi juga ilmu”ujarnya.

Husniah juga meminta kepada Korda,pengecer, supplier tidak membatasi masyarakat untuk melakukan transaksi sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.(“)
Penulis Imam
Editorial

No More Posts Available.

No more pages to load.